wklgr9lUk77oMk94ROdmPxPMIRP2cfDBiNTDThQf

Followers

Cara Tepat Membersihkan Laptop

Membersihkan laptop perlu dilakukan supaya terlihat tidak kusam dan bisa menambah umur pakai laptop. Banyak kerusakan yang terjadi akibat kondisi laptop kotor dan tidak terawat. Selain soal bagian dalam laptop yang harus dijaga agar tidak kotor & panas, keyboard laptop juga harus jangan kotor. Bagaimana cara membersihkan laptop yang benar? berikut ulasannya.

Pentingnya membersihkan laptop anda. 

Laptop merupakan salah satu sumber bakteri yang cukup besar di dalam kehidupan anda. Dinyatakan dalam Wall Street Journal bahwa keyboard yang dimiliki oleh laptop anda merupakan salah satu bagian yang menjadi sumber bakteri terbesar dari laptop. Selain itu mouse dan juga bagian lain yang sering anda sentuh juga menjadi bagian yang memiliki banyak bakteri yang mengintai kesehatan anda. Untuk anda yang ingin menghindari ragam penyakit baik untuk laptop atau untuk diri anda. Berikut ini adalah tips yang bisa kami berikan untuk membersihkan laptop anda. 

Membersihkan Keyboard

Bagian keyboard pada laptop bisa dibersihkan dari debu dan kotoran dengan cara yang mudah. Pertama gunakan dryer atau udara bertekanan ringan pada sela-sela keyboard. Hal ini bertujuan mengangkat kotoran dan debu yang ada disela-selay keyboard. Setelah itu, gunakan bulu gepeng untuk membersihkan keyboard dari debu atau kotoran. Anda juga bisa mengguaka cairan khusus yang difungsikan membersihkan keyboard laptop. Cairan ini bisa Anda beli dipasaran beserta bulu gepeng dan juga dryer khusus untuk membersihkan laptop.
 

Membersihkan Bagian Dalam Laptop

Bagian dalam laptop yaitu fan, body, heatsink dan juga ventilasi sangat mudah terkena kotoran dan debu. Untuk membersihkan bagian ini Anda bisa memanfaatkan jasa perawatan laptop. Pada umumnya, debu yang menempel pada bagian dalam laptop bisa menimbulkan efek yang tidak maksimal pada kinerja laptop. Jika debu dan kotoran tetap dibiarkan pada bagian dalam laptop, hal ini bisa merusak laptop dan pastinya Anda harus mengganti bagian-bagian dalam yang rusak. Karena itu, cara yang aman membersihkan bagian dalam laptop adalah dengan memilih jasa maintenance laptop.
 

Membersihkan LCD Laptop

Selain membersihkan laptop yang anda miliki, salah satu bagian lain yang tidak kalah pentingnya untuk dibersihkan adalah bagian LCD dari laptop anda. Bagian LCD dari laptop ini bisa dibersihkan dengan menggunakan dengan 2 langkah. Berikut ini adalah langkah pembersihannya. 
  • Membersihkan debu kotoran di LCD
Langkah pertama membersihkan laptop bagian LCD nya adalah  dengan membersihkan debu dan kotoran yang ada di layar LCD anda. Untuk membersihkan layar dari debu dan kotoran ini yang bisa anda lakukan adalah membersihkannya dengan menggunakan spray angin. Anda bisa menggunakan jenis spray yang cukup kuat untuk memastikan bagian LCD benar-benar bebas dari debu. 
  • Membersihkan layar LCD dengan cairan pembersih
Langkah selanjutnya adalah untuk membunuh bakteri yang hidup di layar laptop anda. Meskipun jarang di sentuh, layar LCD juga perlu dibersihkan secara kimia. Untuk membersihkan laptop ini kami akan memberikan resep pembuatan cairan pembersihnya. Untuk membuat cairan pembersih layar laptop yang bisa anda lakukan adalah mencampurkan cuka putih dengan air destilasi dengan perbandingan 1 : 1. Cairan ini kemudian dimasukkan ke botol spray lalu  di semprotkan ke sebuah lap pembersih. Setelah itu lap pembersih yang sudah lembab dapat di sapukan pada bagian LCD laptop anda. 
Ketika membersihkan layar laptop ini anda pastikan juga laptop anda dalam keadaan mati untuk menghindari hal yang tidak diinginkan pada laptop anda pada saat kegiatan membersihkan laptop ini dilakukan. Untuk jenis kain lapnya, jenis kain lap yang bisa anda gunakan adalah kain lap microfiber yang akan membantu anda untuk membersihkan dengan lebih baik dan lebih teliti. Jangan lupa juga menyeka bagian luar laptop anda untuk membersihkan laptop secara keseluruhan.
 
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment