wklgr9lUk77oMk94ROdmPxPMIRP2cfDBiNTDThQf

Followers

Komunikasi Daring Sinkron dan Asinkron

Komunikasi Dalam Jaringan atau Komunikasi Daring adalah komunikasi antar sesama dengan menggunakan perantara jaringan internet.


Komunikasi daring sinkron adalah komunikasi menggunakan komputer sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time)




Contoh komunikasi daring sinkron antara lain sebagai berikut: 

1. Text chat Text chat adalah sebuah fitur, aplikasi, atau program dalam jaringan Internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang daring (yang sama - sama sedang menggunakan Internet).
 Komunikasi teks dapat mengirim pesan dengan teks kepada orang lain yang sedang daring, kemudian orang yang dituju membalas pesan dengan teks, demikian seterusnya. Itulah proses terjadinya text chatting.

2. Video chat Video chat merupakan teknologi untuk melakukan interaksi audio dan video secara real time antara pengguna di lokasi yang berbeda. Video chatting biasanya dilakukan melalui perangkat komputer maupun tablet atau smartphone (juga disebut telepon video call). Video chatting dapat berupa interaksi point-to-point (satu-satu), seperti FaceTime dan Skype, atau interaksi multipoint (satu-ke-banyak, atau banyak-ke-banyak), seperti dalam Google+ Hangouts. Video chatting sering disalahartikan dengan video conference. Video chatting merujuk pada komunikasi video di antara dua orang individu (poin to point), sedangkan video conference mengacu pada komunikasi video di antara 3 pihak atau lebih (multipoint).

Komunikasi daring asinkron (tak serempak) Komunikasi daring asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda. 

Contoh komunikasi daring asinkron adalah

E-mail
Email ialah salah satu media komunikasi daring asinkron yaitu kita dapat mengirim sebuah email, tapi kita tidak menerima balasan secara langsung, kita bisa menerima balasan setelah penerima membalas email kita, entah itu 1-3 hari .

Dan beberapa media komunikasi daring lainnya adalah :
forum, rekaman simulasi visual, serta membaca dan menulis dokumen daring melalui World Wide Web.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

9 comments

  1. Ada aturanya gak gan dalam menerapkan metode komunikasi tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal kan saling terkoneksi internet sih langsung bisa,
      Dan ingat juga ada Etika Komunikasinya di jaga :D
      thanks gan udah mampir

      Delete
    2. KUNJUNGI TIPS AGAR SMARTPHONE AMAN DARI HACK
      http://indonugraha.blogspot.co.id/2016/02/tips-agar-smartphone-aman.html

      Delete
  2. Tangkyu ilmunya mas,,, walau masih awam dalam hal tersebut

    ReplyDelete
  3. Terimakasih banyak sangat membantu

    ReplyDelete
  4. Masih belajar gan saya sangat terbantu,makasih banyak.

    ReplyDelete
  5. Masih belajar gan saya sangat terbantu,makasih banyak.

    ReplyDelete

Post a Comment