wklgr9lUk77oMk94ROdmPxPMIRP2cfDBiNTDThQf

Followers

Bagaimana Melindungi Diri Anda Dari Caller ID Spoofing (Scammer)?


Orang-orang mengandalkan informasi ID penelepon yang mereka lihat di ponsel mereka ketika mereka memutuskan apakah akan menjawab panggilan. Ini memberitahu mereka siapa yang menelepon, sehingga mereka dapat memutuskan apakah akan menerima panggilan itu atau menelepon kembali nanti.

Jika ID penelepon di ponsel Anda bertuliskan "Dukungan Microsoft 1-800-555-1212" atau yang serupa seperti 0000, Anda menganggap orang di ujung saluran berasal dari Microsoft atau planet lain. Caller ID memberikan legitimasi kepada penelepon. Banyak orang tidak menyadari bahwa scammer menggunakan teknologi Voice Over IP dan trik lain untuk memalsukan atau menipu informasi penelepon dengan harapan memperoleh nomor kartu kredit atau informasi pribadi lainnya.

Penipu menggunakan penelepon ID spoofing untuk membuat penipuan mereka dapat dipercaya.

Bagaimana Scammers Memalsukan Informasi ID Penelepon

Scammers menipu informasi ID pemanggil dalam beberapa cara. Salah satu cara yang paling populer adalah melalui penggunaan penyedia layanan penelepon ID spoofing berbasis internet. Layanan spoofing ini dapat dibeli dengan harga murah.

Skenario Spoofing Khas
Spoof Caller ID biasa berfungsi seperti ini:

Orang (scammer) yang ingin menyembunyikan nomor mereka masuk di situs web penyedia layanan spoofing pihak ketiga dan mengirimkan informasi pembayaran.

Setelah masuk ke situs, scammer memberikan nomor telepon mereka yang sebenarnya. Mereka kemudian memasukkan nomor telepon orang (korban) yang mereka panggil dan memberikan informasi palsu bahwa mereka ingin menampilkan ID penelepon.

Layanan spoofing memanggil scammer kembali pada nomor telepon yang disediakan, memanggil nomor korban yang dimaksud, dan menjembatani panggilan bersama dengan informasi ID penelepon palsu. Korban melihat informasi ID Penelepon palsu ketika mereka mengangkat telepon dan terhubung ke scammer.

Efektivitas Spoofing Caller IDs
Caller ID spoofing bisa menjadi alat yang sangat efektif untuk scammers. Penipuan Ammyy, di mana para korban menerima panggilan telepon dari para penipu yang mengaku berasal dari dukungan Microsoft, adalah penipuan besar yang menipu orang-orang dari jutaan dolar di seluruh dunia.

Penipuan Ammyy tidak akan seefektif jika bukan karena Caller ID spoofing. Ketika korban penipuan Ammyy menjawab telepon, sebagian besar dari mereka melihat Caller ID untuk mengetahui bahwa Microsoft memanggil mereka, dan banyak dari mereka yang mempercayainya.

Dalih sebagai Teknik Penipuan
Teknik scamming yang digunakan dalam scam Ammyy dikenal sebagai pretexting. Dalih terjadi ketika seseorang membuat skenario buatan sehingga mereka dapat menutupi niat mereka yang sebenarnya dengan kedok sesuatu yang tidak mengancam. Alasannya biasanya melibatkan pengembangan kredibilitas sehingga penipuan dapat diterima dan dipercaya.

Contoh nyata dari dunia nyata dalam membangun kredibilitas palsu untuk alasan terjadi ketika seseorang menggunakan seragam polisi untuk menyamar sebagai petugas polisi untuk mendapatkan akses ke bagian bangunan yang biasanya terlarang.

Caller ID dalam penipuan digunakan dengan cara yang sama seperti seragam polisi palsu di dunia nyata. Ketika orang menentukan identitas penelepon, yang harus mereka lalui adalah siapa yang dikatakan orang itu dan siapa yang disebut penelepon. Jika informasi ini cocok, sebagian besar orang yang masuk akal percaya dengan dalih dan beberapa dari mereka berakhir sebagai korban penipuan.

Apakah Informasi Caller Spoofing Legal?
Di AS dan banyak negara lain, memalsukan informasi Caller ID adalah ilegal. Undang-undang Kebenaran dalam Caller ID Amerika Serikat membuatnya ilegal untuk memalsukan informasi ID pemanggil untuk tujuan yang melanggar hukum.

Jika Anda tinggal di A.S. dan yakin bahwa seseorang yang menelepon Anda telah memalsukan informasi ID penelepon mereka untuk menipu atau menyesatkan Anda, laporkan ke Federal Communications Commission (FCC).

Cara Melindungi Diri Anda Terhadap Spoofing Caller ID

Jangan menaruh semua kepercayaan Anda pada informasi ID penelepon yang disajikan kepada Anda.

Sekarang setelah Anda mengetahui informasi ini dengan mudah dipalsukan dengan menggunakan layanan spoofing ID penelepon pihak ketiga dan alat-alat lainnya, Anda tidak akan bisa mempercayai teknologi seperti sebelumnya. Ini akan membantu Anda dalam pencarian untuk membuktikan penipuan otak Anda.

Jangan pernah memberikan informasi kartu kredit kepada seseorang yang menelepon Anda.

Jangan melakukan bisnis apa pun melalui telepon ketika Anda tidak melakukan panggilan. Dapatkan nomor telepon balik dan telepon kembali jika Anda tertarik dengan produk atau layanan. Gunakan Google untuk membalikkan pencarian nomor telepon sebelum Anda menelepon kembali dan melihat apakah itu terkait dengan penipuan yang diketahui.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment