wklgr9lUk77oMk94ROdmPxPMIRP2cfDBiNTDThQf

Followers

Urutan Nama Nama Versi Android Dari A Sampai Sekarang




Siapa sih yang tidak mengenal Android ini? Ya Android merupakan salah satu OS (Sistem Operasi) yang banyak diterapkan di berbagai smartphone. Pengembangan Android dimulai pada tahun 2003 oleh Android, Inc., yang kemudian dibeli oleh Google pada Juli 2005. Android ini juga mempunyai berbagai versi dari awal mula terbentuknya Android sampai sekarang, berikut daftar nama versi android dari awal. 

Urutan Versi Android

Alpha 

Ada dua rilis internal perangkat lunak di dalam Google dan OHA sebelum versi beta dirilis. Untuk menghindari kebingungan, kode Astro Boy dan Bender hanya diketahui secara internal pada beberapa tonggak awal pra-1.0 yang dibuat, dan karenanya tidak pernah digunakan sebagai nama kode aktual dari rilis OS 1.0 dan 1.1. , karena banyak orang yang secara keliru menyebutnya.

Beta / Bender

Beta dirilis pada 5 November 2007

Cupcake 1.5


Dirilis pada 27 April 2009 yang sepenuhnya berbasis pada kernel Linux 2.6.27. Android 1.5 adalah rilis pertama yang secara resmi menggunakan nama kode berdasarkan "makanan penutup" yang dikenal sebagai Cupcake.

Cupcake adalah kue kecil yang dipanggang dalam cetakan berbentuk cangkir. Biasanya disajikan dengan hiasan di atasnya.

Donut 1.6


Android Versi Donut ini dirilis pada 15 September 2009, di versi ini Google mulai memperbaiki Bug yang membuat Android ini lebih sempurna ditambah lagi dengan fitur nafigasi turn-by-turn. Berbasis pada Linux kernel 2.6.29

Donat adalah kue goreng berbentuk cincin kecil. Cincin itu terbuat dari adonan yang kaya, ringan, dan digoreng garing. Berbagai pelapis manis dapat ditambahkan. Donat tidak boleh disalah-artikan sebagai bagel, yang dipanggang, lebih padat, dan biasanya asin.

Eclair 2.0/2.1


Android 2.0 dirilis pada Oktober 2009, dengan versi bugfix (2.0.1) keluar pada bulan Desember 2009. Android 2.1 dirilis pada Januari 2010. Kebanyakan orang menganggapnya sebagai rilis tunggal. Fitur yang ditambahkan termasuk dukungan Bluetooth 2.1, flash dan zoom digital untuk kamera, dukungan multi-touch, wallpaper hidup, dan banyak lagi.

Eclair biasanya digambarkan sebagai kepulan krim lonjong. Mereka adalah kue-kue panggang dengan isian krim dan lapisan cokelat di atasnya.

Froyo / Frozen Yogurt 2.2

Android 2.2 terutama meningkatkan kecepatan dengan mengadopsi mesin kompilasi Javascript "just-in-time" dari browser Google, Chrome. Ini juga meningkatkan dukungan browser dengan menambahkan dukungan GIF animasi dan dukungan plug-in Flash 10.1, bersama dengan USB tethering dan kemampuan Wi-Fi Hotspot (bagi mereka yang memiliki perangkat keras pendukung).

Froyo adalah kependekan dari "yogurt beku." Ini adalah makanan penutup beku yang terbuat dari yogurt, jadi sedikit lebih asam daripada sajian lembut, tetapi juga lebih rendah lemak.

Gingerbread 2.3



Pada 6 Desember 2010, Google secara resmi mengumumkan ponsel pertama dengan OS Android 2.3 Gingerbread. Telepon itu adalah Nexus S, yang dikembangkan bersama Google dengan Samsung. Ponsel ini awalnya hanya tersedia untuk T-Mobile, tetapi kemudian dibuat untuk Sprint dan AT&T juga.

Gingerbread mendukung panggilan internet SIP, kemampuan transaksi nirkabel NFC (jika ada perangkat keras), lebih dari satu kamera, dan giroskop dan sensor lainnya (barometer, gravimeters, dan lainnya dimungkinkan). Ini juga dilengkapi manajer unduhan, beberapa penyesuaian untuk memungkinkan penggunaan pada Tablet, dan penyesuaian tingkat sistem lainnya untuk programmer.

Sebagai hidangan penutup, kue jahe pada dasarnya adalah kue rasa jahe. Itu sering dibuat untuk merayakan liburan akhir tahun di AS. Kue-kue tersebut dipotong menjadi bentuk yang meriah — sering kali bentuk manusia — dan dihiasi dengan lapisan gula dan permen.

Honeycomb 3.0

Honeycomb dirilis pada Februari 2011, dan diikuti dengan cepat oleh 3.1 dan 3.2 pada Juli dan Agustus 2011. Google memposting banyak preview dan highlight di Honeycomb.

Honeycomb dibuat untuk tablet, yang menyiratkan bahwa Android OS 2.X tidak. Itu tidak menghentikan Samsung dan sejumlah pabrikan yang lebih kecil untuk memadamkan pasukan Android 2.X tablet dengan berbagai ukuran sebelum akhir 2010 ketika mereka mencoba mengendarai gelombang kesuksesan iPad tepat pada waktunya untuk musim belanja Natal.

Sebagai makanan penutup, sarang lebah adalah selembar sel heksagonal yang dibangun dari lilin dan diisi dengan madu. Sarang madu segar dapat dikonsumsi sebagai makanan penutup — beberapa orang mengunyah atau bahkan mengonsumsi lilin dengan madu.

Ice Cream Sandwich 4.0

Ice Cream Sandwich adalah upaya Google untuk mensintesis Honeycomb, platform tablet-only, dengan platform mobile-nya. Dirilis pada Oktober 2011, itu menampilkan desain baru dan font default, serta kemampuan untuk memantau dan membatasi penggunaan data seluler dan peningkatan lainnya. Banyak perangkat yang lambat mengadopsi Ice Cream Sandwich.

Tiga bulan setelah Ice Cream Sandwich, hanya satu telepon (Samsung Galaxy Nexus) yang dirilis untuk menjalankannya.

Dalam kehidupan nyata, sandwich es krim adalah lapisan es krim, biasanya vanila, diapit di antara dua kue, biasanya cokelat. Mereka sering berbentuk persegi panjang.

Jelly Bean 4.1

 

Android versi Jelly Bean ini dirilis pada 27 Juni 2014 lewat konferensi I/O Google. Jelly Bean menjadi versi Android yang juga banyak mendapatkan update, tercatat 2 kali sudah update dilakukan di Jelly Bean yakni versi 4.1.2 dimana perbedaan dibanding versi sebelumnya adalah segi User Interface yang lebih elegan seta penambahan fitur Google Search.

KitKat 4.4

Google mengumumkan bahwa Android 4.4 akan dinamai KitKat pada 3 September 2013. Perusahaan induk KitKat, NestlΓ©, sepenuhnya bergabung dengan penamaan sistem operasi dan meluncurkan kampanye iklan selama rilis KitKat. Sebagai bagian dari kampanye, paket Kitkat yang ditandai secara khusus dengan Andy the Green Android pada paket tersebut masing-masing berisi kode undian yang dapat memenangkan tablet Android Nexus 7 baru atau kredit Google Play Store.

KitKat mengambil fitur Google Now dan melangkah lebih jauh dengan "Ok Google." Ok Google memungkinkan orang untuk mengakses Google Now bahkan tanpa menyentuh ponsel mereka — hanya mengatakan secara verbal frasa tersebut membuka asisten intelijen buatan. KitKat juga memperkenalkan Emoji ke keyboard Google.

Lollipop 4.5

 

Android 5 disebut Lollipop, dan ini menampilkan runtime baru yang disebut ART yang tidak lagi bergantung pada runtime DALVIK lama (yang agak didasarkan pada spesifikasi Sun / Oracle). Lollipop juga mengandung peningkatan UI lainnya dan memiliki daya tahan baterai yang sangat baik pada beberapa perangkat.

Marshmallow 6.0 


Android 6: Marshmallow sudah keluar untuk perangkat Nexus dan diyakini akan segera hadir untuk semua perangkat unggulan sebelum akhir tahun, dan ke perangkat lain pada pertengahan 2016.

Marshmallow memperkenalkan beberapa perubahan yang dapat memiliki dampak signifikan. Model izin aplikasi sekarang memilih ikut (memberikan izin khusus seperti yang diminta) daripada memilih keluar (semua diizinkan, lalu menggunakan Aplikasi untuk menjalankan izin individu). Mode tidur memungkinkan perangkat untuk masuk ke mode hibernasi saat idle, memotong konsumsi daya menjadi hampir nol. Dukungan sensor sidik jari sekarang dimasukkan ke OS daripada dukungan vendor, dan USB C sekarang didukung penuh. Akhirnya, Marshmallow memungkinkan seseorang untuk memformat kartu microSD dan mengadopsinya seolah-olah itu penyimpanan internal dan berbagi tingkat keamanan internal yang sama.

Nougat 7.0

Android 7 secara resmi dibaptis Nougat pada 30 Juni 2016, ketika status halaman terbaru terungkap di tengah keriuhan (lihat foto). Itu dipersenjatai dengan kompiler Just-In-Time baru berdasarkan pada mesin ART, dukungan Unicode 9.0 Emoji, dan API rendering Vulkan 3D baru. Tambalan untuk 7.1, 7.1.1, dan 7.1.2 diikuti pada 2017.

Oreo 8.0

Android 8, bernama Oreo setelah cookie yang terkenal, dirilis pada Q3 2017. Perubahan utamanya adalah "Project Treble", di mana ia membuat OS lebih modular sehingga peningkatan OS dapat dirilis lebih cepat oleh produsen. Dukungan Emoji dimutakhirkan ke Unicode 10, dengan kerangka kerja pemberitahuan yang ditingkatkan, dukungan tampilan berganda, dan fitur lainnya. Itu segera diikuti oleh 8.1 pada bulan Desember 2017 dengan "Oreo Go Edition" untuk perangkat kelas bawah serta API yang ditingkatkan untuk beberapa fungsi internal.

Pie 9.0 



Kue pie yang enak siap dihidangkan. Versi ini kaya akan vitur daripada sebelumnya. Viturnya antara lain : Smart reply dari notifikasi, moe gelap, simulasi poni,editing screenshot, digital wellbeing, lockdown, navigasi berbasisgestur, kunci rotasi, adaptive baterry.

PREDIKSI NAMA ANDROID YANG AKAN MUNCUL 

Q - Queen Cake
R - Rocky Road, Rawon (hmm enak)
S - Strawberry Shortcake, Soto lamongan (rasa lokal)
T - Twinkee, Taffee, Tahu tek (makanan anak kos)
U - UDC upside-down-cake (wkwkw bingung nyebutnya)
V - Vanilla (Vanilla)
W - Waffle Cone, Wedding Cake (yang bikin sanji sama chiffon)
X - Xmas Cookies
Y - Yogurt
Z - Zebra Cake (asal jangan zebra cross haha)


Semoga artikel ini bermanfaat ya gaes, silahkan berkomentar yang serius tapi jangan serius serius ya gaes. 

Baca juga : Asal usul maskot robot hijau logo android.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

55 comments

  1. Wah saya baru tau mas,makasih infonya

    ReplyDelete
  2. wah ternyata namanya dari makanan, enak bnget kalo diliat :D

    #rudi

    ReplyDelete
  3. yang rilis namanya doyan makan tuh
    hahaha

    ReplyDelete
  4. mungkin yang huruf "M"

    nanti namanya MASTIN :D

    ReplyDelete
  5. kalo huruf q sama x nanti sing apa ya :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk.. iy, susah tuh nyari nama makanan yang ada Q sama X nya :v

      Delete
    2. Ada..klo Q y Que bolu, X ya Xue bolu

      Delete
  6. hahaha lucu-lucu namanya gan, nice

    ReplyDelete
  7. Lolipop bukannya versi 5.0?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy yang sekarang udah 5.0, tapi awal mula rilis Lollipop itu masih di 4.5

      Delete
  8. wah makasih banyak infonya mas!

    ReplyDelete
  9. wah ternyata versi android banyak b anget ya gan. nanti setelah lolipop apa lagi ya? penasaran.mampir juga ya ke blog ane http://chandstwn.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. makasi gan infonya..........................

    ReplyDelete
  11. yang ngasik nama doyan makan tuh gan :v

    ReplyDelete
  12. wah jgn" klo kluar yg deesi huruf M. jdi mencret X ya.. makan mulu...... peace

    ReplyDelete
  13. gan kalau artikelnya di tambahin sama kelebihan tiap" versi nya mungkin jadi tambah menarik,
    sebelumnya terimakasih |o|

    ReplyDelete
  14. Mantap gan info nya.trim
    .coba kalau dr nama mknan sunda.dari Apeuw.combro.cilok dll.heheh

    ReplyDelete
  15. Mantap gan info nya.trim
    .coba kalau dr nama mknan sunda.dari Apeuw.combro.cilok dll.heheh

    ReplyDelete
  16. oh sekarang yang tertinggi Marshmallow toh...kkk setahu saya masih lolipop kkk kurang update saya mah

    ReplyDelete
  17. lengkap banget penjelasannya (y) thanks infonya mas =D

    ReplyDelete
  18. Ternyata ada banyak yaa saya baru tahu :|

    ReplyDelete
  19. Nice post gan, baru tau nih nama namanya :D

    ReplyDelete
  20. Wah ini Kurang android setelah marshmallow itu nougat

    ReplyDelete
  21. Terimakasih gan informasinya sangat bermanfaat sekali - by Cusrom OS

    ReplyDelete
  22. Lolipop - Marsmallow - Nouget.dan mngkin O nya adalah Oreo....hahahaa P nya Piscok ( Pisang coklat) hahahhahahhaaa....

    ReplyDelete
  23. Mkasih dah post ni nma2 unik OS androidnya,, abis nougat lanjut Orange,, tau gak Onde-OndeπŸ˜‚πŸ”¨πŸ˜Š

    ReplyDelete
  24. Mkasih dah post ni nma2 unik OS androidnya,, abis nougat lanjut Orange,, tau gak Onde-OndeπŸ˜‚πŸ”¨πŸ˜Š

    ReplyDelete
  25. Selepas nougout ialah oreo, saya enggak bohong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap, terima kasih telah mengingatkan :) Udah saya update kok :-d

      Delete
  26. Selanjutnya p kayanya pizaa gan hahaha

    ReplyDelete
  27. kira kira sampau urutan berapa ya min...
    solder uap

    ReplyDelete
  28. Thanks gan artikel nya keren jadi nambah pengetahuan tentang android :)
    Kunjungi juga blog saya >> klik disini

    ReplyDelete
  29. Bagaimana cara nak upgrade dari android marshmallow 6.0 ke android nougat7.0@android oreo 8.0 boleh bagitahu tak??

    ReplyDelete
  30. KALAU SDH X APA YA NANTI NAMA MAKANANNYA???????????????

    ReplyDelete
  31. P P A P Apple Pie ehehe seketika nyanyi itu solder uap

    ReplyDelete
  32. P : pancake
    Q : Quiche
    R : Red velvet
    S : Sugar cookies
    T : Taffie
    U : ??
    V : !!
    W : ?!
    Just my opinion

    ReplyDelete
  33. jadi begini ya saya usulkan untuk huruf R saat rilis mendatang pake nama RAWON saja biar mudah diingat dan sesuai dengan kearifan lokal wekekekekekekekekkekekekekekekekekekekekekekk.

    ReplyDelete

Post a Comment