wklgr9lUk77oMk94ROdmPxPMIRP2cfDBiNTDThQf

Followers

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Mudah Rusak

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Mudah Rusak


Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Mudah Rusak | Dari sobat pasti pernah yang ngalamin Baterai Laptop yang rusak, dan mungkin tidak jarang juga terjadi kenge-drop-an baterai hehe... Oleh karena itu kita perlu merawat baterai laptop kita agar tetap awet sampai akhir hayat sobat hehe.


Tidak sedikit pula mungkin dari sobat yang baterai laptopnya nge-drop terus beli baterai lagi. Memang tidak terlalu berefek, namun kalau baterai sobat sampai ngedrop 3 kali gara - gara tidak merawat baterai sobat ? pasti keluar banyak biaya juga kan.

OK langsung kita ke topik pembahasan, sebelum itu sobat perlu tau Apa sih yang menyebabkan baterai sobat tidak awet dan gampang ngedrop  ?

Berikut penyebab baterai cepat rusak :


  1. Penggunaan Laptop yang berlebihan

Inilah faktor utama penyebab rusaknya baterai sobat. Idealnya penggunan laptop itu selama 2-3 jam per hari, Namun mungkin sobat tidak jarang juga menggunakan laptop selama lebih dari 5 jam, apalagi kalo sudah nge-game udah lupa waktu, lupa mandi, lupa segalanya dah hehe. Lebih baik 2-3 jam lalu di matikan untuk break 1 jam an, terus baru dah sobat bisa laptopan kembali.

Jadi intinya boleh lah kita menyalakan laptop mungkin lebih dari 3 jam, namun di antara sela 3 jam tersebut alangkah baiknya sobat kasih jeda untuk laptop sobat beristirahat minimal 1 jam.


     2. Menggunakan Laptop Sambil Mencharger 


Memangsih faktor yang satu ini mungkin tidak sedikit yang kontra, karena faktanya ada beberapa laptop yang masih aman meski menghiduplan laptop sambil di charger, karena jika baterai laptop penuh maka laptop tersebut akan otomatis meneruskan daya listrik yang tersambung langsung ke laptop tanpa harus melalui proses ke baterai. Namun untuk pencegahan sebaiknya sobat jangan laptop an sambil nge charger.

Apalagi kalo nge game, pasti banyak yang beranggapan " Kalo tidak di charger nanti malah lemot " memang benar sih, dan saya sendiri juga beranggapan seperti itu. Namun alangkah baiknya jika sobat mencabut baterainya, dan menghubungkannya langsung ke listrik untuk mengurangi resiko kerusakan baterai.

   3. Meletakan laptop pada alas yang tidak stabil atau empuk


Seperti di kasur, ada anggapan " sambil tidur mending main laptop dulu lah, kan juga nggak terlalu lama " namun apa sobat tidak sadar, bahwa tekstur alas yang tidak stabil, empuk dapat memicu susahnya sirkulasi keluarnya panas dari dalam laptop karena terhambat dari tekstur empuk tadi menutup ventilasi keluarnya udara panas dari laptop.



Setelah sobat mengetahui penyebab rusaknya baterai,  berikut ini ada tips dari saya untuk sobat agar baterai laptop sobat semakin terawat.



Tips Merawat Baterai yang benar :


  • Bagi laptop baru, baterai tentunya sedang dalam keadaan kosong, karnanya sobat harus men charger dulu laptop sobat. Meski sudah terhubung listrik tapi sobat belum bisa menggunakan laptop baru sobat, tunggulah laptop tercharger hingga penuh sekira 4-8 jam untuk laptop baru.

  • Matikan Bluetooth, Wifi, atau sistem wireless laptop sobat jika tidak sedang diperlukan, karena dengan mematikan sistem wireless laptop sobat maka baterai tidak perlu menambah daya untuk menerima dan mengirim data dari jaringan nirkabel tersebut.

  • Kurangi kecerahan layar, karena semakin cerah layar laptop sobat maka akan semakin banyak juga daya yang digunakan.

  • Jangan memakai screen saver, karena disamping penggunaan daya yang tiada henti namun juga kartu grafis laptop sobat juga akan terus aktif selama screen saver berjalan, itulah yang menyebabkan pemakaian daya baterai berlangsung terus tanpa henti.

  • Lepas perangkat eksternal seperti Flashdisk, HDD eksternal, modem, dll dari laptop sobat, karena semua perangkat itu tentunya akan memakan daya listrik dari baterai.

  • Jika ingin mendengarkan musik sebaiknya sobat memakai headset / earphone, karna jika memakai speaker laptop akan memakan banyak daya dan kedengarannya juga kurang maksimal.

  • Periksa proses program yang berjalan, jika ada program yang tidak sedang diperlukan, sebaiknya sobat hentikan saja, karena proses dari program tersebut memakan daya memory virtual yang juga menghabiskan banyak daya listrik




Ada tips lagi nih dari saya untuk mencegah flashdisk terkena virus ikuti langkah langkahnya di sini ya Cara Mencegah Flashdisk Terkena Virus. Nah, itu tadi tips dari saya, semoga bermanfaat bagi sobat sekalian. Selamat Mencoba Tips Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Mudah Rusak
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

18 comments

  1. bagi yang batrenya sudah tidak tahan, ikuti cara ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya ini Tips Cara Mencegah Baterai rusak gan, kalo memang sudah rusak mungkin harus diperbaiki bahkan beli lagi :-bd

      Delete
  2. saya sering gunakan laptop sambil carger,, berarti dapat merusak batrey?

    ReplyDelete
  3. makasih gan agar laptop kakak saya batre nya biar kaga mudah rusask nice info :D

    ReplyDelete
  4. Biasanya sih aku baterry nya di copot tapi chargernya jalan, hehe :D

    ReplyDelete
  5. wah ane sering main laptop sambil dicas..thanks infonya :D

    ReplyDelete
  6. kalo main laptop di charge tapi batre nya dicopot itu bahaya enggak min ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk dari segi Baterainya sih tidak masalah, Tapi disamping ada keuntungan pasti ada kerugiannya juga, Terlalu " SERING " mencopot baterai sambil di charger akan mengakibatkan kerusakan Motherboard dalam jangka panjang. Karena listrik mengalir langsung dari stopkontak menuju motherboard tanpa ada hambatan melalui baterai.

      Namun resiko ini relativ kecil gan, tapi untuk menghindari hal seperti itu jadi jangan setiap hari full day laptop lepas baterai sambil nge charger gan

      Delete
  7. gan kalau pakai speaker active bisa menyedot baterai berlebihan gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin tidak membutuhkan daya yang cukup besar, karena speaker aktif udah terhubung langsung ke listrik. Cara kerjanya juga hampir sama seperti headset / earphone, jadi menurut ane nggak apa apa

      Delete
  8. terimakasih min informasinya, sangat bermanfaat sekali sebagai pengguna laptop

    ReplyDelete
  9. Rata rata batere laptop emang cepet rusak.

    ReplyDelete
  10. Bagus gan sangat bermanfat

    ReplyDelete
  11. Nah ini nih yang gw cari2 gan... Kyknya penyakit laptop gw penggunaan sambil di cas x ya gan itu sangat terpengaruh ya...?

    ReplyDelete

Post a Comment